FKG Unimus Mengadakan Gelar Bersama Bakti Sosial Kesehatan Gigi dan Mulut di Kota Semarang

Demi peningkatan kesehatan gigi dan mulut rakyat Indonesia terutama masyarakat Kota Semarang, FKG Universitas Jember, FKG Universitas Muhammadiyah Semarang, FKG Universitas Sultan Agung Semarang, Prodi KG Universitas Diponegoro Semarang dan FKG Universitas Hang Tuah Surabaya mengadakan kolaborasi dalam penyelenggaraan bakti sosial kesehatan gigi dan mulut dengan mengusung misi “Indonesia bebas karies 2030”. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dilakukan di Bumi Perkemahan Candra Birawa Gunungpati-Semarang dengan dihadiri oleh seluruh delegasi mahasiswa, dokter gigi muda, dosen dan pimpinan dari masing-masing Institusi Pendidikan Dokter Gigi (IPDG) yang terlibat serta perwakilan dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Semarang.

Kegiatan baksos diselenggarakan di MI Negeri Kota Semarang, Sumurrejo, Gunungpati dan diikuti oleh 387 pasien yang terdiri dari siswa, guru, orangtua murid dan warga sekitar sekolah. Adapun layanan yang diberikan oleh kurang lebih 50 operator baik dokter gigi maupun dokter gigi muda ini antara lain penambalan, pembersihan karang gigi, pencabutan gigi susu dan pemberian aplikasi flour sebagai tindakan preventif karies untuk siswa. Selain itu siswa juga mendapat manfaat penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dari mahasiswa pre-klinik yang menjadi delegasi dari masing-masing IPDG yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian sikat gigi dan pasta gigi sekaligus sikat gigi bersama di lapangan sekolah.

Diharapkan dari kegiatan ini masyarakat Kota Semarang mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan ini.