Departemen Radiologi dan Forensik Kedokteran Gigi Gelar Kuliah Pakar “Role of Dentistry in Indonesia Disaster Victim Identification”

Semarang | Mengingat pentingnya peran kedokteran gigi dalam proses identifikasi korban bencana di Indonesia, Departemen Radiologi dan Forensik Kedokteran Gigi – Program Studi Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (FKG UNIMUS) menggelar Kuliah Pakar Role of Dentistry in Indonesia Disaster Victim Identification, pada Kamis (16/05/2024). Bertempat di Aula Rumah Sakit Gigi dan Mulut UNIMUS, acara menghadirkan drg. Rizky Merdietio Boedi, M.Sc (FO), Ph.D (Assistant Professor of Forensic Odontology, Universitas Diponegoro) sebagai pembicara dan hadir memberikan sambutan Dr. drg. Risyandi Anwar., Sp.KGA (Dekan FKG).

Drg. Rizky menekankan pentingnya kerjasama antara berbagai disiplin ilmu dan instansi terkait dalam proses identifikasi. “Peran kedokteran gigi dalam identifikasi korban bencana sangat krusial, terutama dalam kondisi di mana identifikasi visual atau sidik jari tidak memungkinkan. Gigi memiliki karakteristik unik yang dapat digunakan untuk mengenali individu dengan akurasi tinggi,” paparnya.

Dengan terselenggaranya kuliah pakar ini, Departemen Radiologi dan Forensik Kedokteran Gigi FKG UNIMUS semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan tenaga profesional yang siap berkontribusi dalam berbagai situasi, termasuk dalam upaya identifikasi korban bencana. Diharapkan, kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan guna memperkuat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa serta praktisi di bidang forensik gigi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments