Departemen Oral Biologi FKG UNIMUS Gelar Kuliah Pakar Saliva sebagai Biomaker Kesehatan Rongga Mulut

Semarang – (06/03/2024) Departemen Oral Biologi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menggelar kuliah pakar “Saliva sebagai Biomarker Kesehatan Rongga Mulut”. Bertempat di Aula Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNIMUS, acara diikuti oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan FKG UNIMUS. Acara menghadirkan Prof. Dr. drg. Juni Handajani, M.Kes., Ph.D., PBO (UGM) sebagai narasumber dan dimoderatori oleh drg. Yasinia Annisa Purbomurti. Turut hadir dalam agenda tersebut Dekan FKG Dr. drg. Risyandi Anwar., Sp.KGA, Wakil Dekan II drg. Dika Agung Baktiar, Sp. Pros dan dosen lainnya.

Dalam presentasinya Prof. Juni menjelaskan saliva sebagai salah satu bagian rongga mulut yang memiliki peran sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan rongga mulut dan pertahanan tubuh. Saliva atau air ludah diketahui sebagai bagian cermin yang menggambarkan kondisi kesehatan rongga mulut dan kesehatan sistemik. Penelitian terkini tentang saliva terus dikembangkan yang mengarahkan saliva sebagai salah satu biomarker adanya kelainan atau gangguan dalam rongga mulut maupun keterkaitannya dengan gangguan pada tubuh lainnya.

Kuliah pakar “Saliva sebagai Biomarker Kesehatan Rongga Mulut” diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam pengembangan penelitian dan praktik kedokteran gigi di FKG UNIMUS, khususnya dalam memanfaatkan potensi saliva sebagai alat diagnostik yang efisien untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan rongga mulut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments