Gelar Kuliah Umum secara Daring, FKG UNIMUS Menghadirkan Dokter Dokter Konsultan

Semarang (14/12/2020) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (FKG UNIMUS) menggelar acara rutin yaitu kuliah umum yang merupakan salah satu media pembelajaran pada prodi kedokteran gigi, yang dimana dihadiri oleh narasumber-narasumber yang ahli dan kompeten dibidangnya, pada kuliah umum kali ini mengangkat tema Tindakan Bedah Mulut dalam Masa Kehamilan (Do and Don’t), sebagaimana seorang calon doker gigi harus mengetahui permasalahan apa saja yang dapat timbul pada rongga mulut dan gigi geligi pada ibu hamil serta bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Oleh karena itu, maka penting adanya peningkatan pengetahuan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi tentang kelainan-kelainan rongga mulut yang berhubungan dengan kehamilan serta pertimbangannya dalam tindakan bedah mulut.

Kuliah umum pada kali ini, FKG UNIMUS turut mengundang dokter Spesialis Obstetrik dan Ginekologi yaitu dr. Herman Kristanto, M.S,. SP.OG (K) yang merupakan dokter konsultan Obstetrik dan Ginekologi Universitas Diponegoro dan dokter gigi Spesialis Bedah Mulut, drg. Devi Farida Utami, Sp.BM (K) yang merupakan dokter gigi konsultan Bedah Mulut Universitas Gadjah Mada.

Acara kuliah umum ini dilaksanakan secara daring yang dibuka dengan laporan ketua panitia oleh drg. Vilianti Eka Fitri Rahatina dan sambutan oleh Wakil Dekan 1 FKG UNIMUS, drg. Dika Agung Bakhtiar Sp. Prost. Walaupun dilaksanakan secara daring, tetapiacara ini mendapat antusias yang sangat baik dari para peserta kuliah umum yakni Mahasiswa sarjana dan profesi kedokteran gigi Unimus. Kelancaran acara ini juga tidak lepas dari kehadiran drg. Syarifah Nova Amiza Zam, PhD sebagai moderator, yang telah memandu acara kuliah umum ini menjadi acara yang interaktif dan menyenangkan.

Sambutan Ketua Panitia drg. Vilianti Eka Fitri Rahatina
Acara Dimoderatori oleh drg. Syarifah Nova Amiza Zam, PhD
Penyampaian Materi oleh Narasumber dr. Herman Kristanto, M.S,. SP.OG (K)
Penyampaian Materi oleh Narasumber drg. Devi Farida Utami, Sp.BM (K)

Diakhir acara antusiasme mahasiswa FKG UNIMUS sangat positif, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilayangkan kepada narasumber. Proses diskusi menjadi sangat menarik karena dari satu pertanyaan yang diberikan oleh penanya, dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sisi kondisi kehamilannya oleh dr. Herman Kristanto, M.S,. SP.OG (K), dan dari sisi tindakan bedah yang dilakukannya oleh drg. Devi Farida Utami, Sp.BM (K). Kegiatan yang diikuti hampir 100 orang mahasiswa itu pun berjalan hingga pukul 11.00 WIB.

Dokumentasi Jalannya Acara General Lecture “Tindakan Bedah Mulut dalam Masa Kehamilan”

Dokumentasi Jalannya Acara General Lecture “Tindakan Bedah Mulut dalam Masa Kehamilan”