Asesmen Lapangan Fakultas Kedokteran Gigi UNIMUS

Semarang – Program Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) selama 3 hari Rabu – Jumat (22-24/02/2023) melaksanakan visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes). Kegiatan visitasi Pendidikan Dokter ini merupakan kegiatan reakreditasi program studi. Adapun tim asesor LAM-PTKes yang hadir yaitu Prof. Dr. drg. Sri Oktawati, Sp.Perio (K) (Universitas Hasanuddin Makasar), Dr. drg. Haris Nasutianto, M.Kes., Sp.RKG(K) (Universitas Mahasaraswati Denpasar), serta Prof. Dr. drg. Juni Handajani, M.Kes (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta).

Dalam sambutannya Rektor UNIMUS Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd menyampaikan bahwa agenda asesmen lapangan diharapkan bukan hanya sekedar visitasi saja akan tetapi dapat memberikan arahan, bimbingan untuk menjadikan FKG UNIMUS bisa menjadi semakin baik, menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan secara berkualitas sehingga menghasilkan output lulusan yang unggul dan kompeten dibidang kesehatan gigi dan mulut. “Asesmen Lapangan harapannya bisa mengevaluasi kriteria borang akreditasi yang telah disampaikan kepada LAM-PTKes. Sehingga akan memberikan validasi dan bukti yang valid dan memberikan hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Asesmen lapangan diawali oleh paparan fakultas oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. drg. Risyandi Anwar., Sp.KGA dan Ketua program studi S1 Kedokteran Gigi drg. Rosyid Hanung Pinurbo. Dalam diskusi yang dipimpin oleh Prof. Dr. drg. Sri Oktawati, Sp.Perio (K) memberi masukan bahwa FKG UNIMUS dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru mancanegara mengingat konsep internasionalisasi tidak hanya sebatas international conference atau student mobility saja. Acara dilanjutkan dengan checking bukti fisik, wawancara dengan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan hingga alumni. Asesmen lapangan di hari berikutnya berupa peninjauan fasilitas sarana prasarana yang meliputi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNIMUS yang dijadikan lahan praktek mahasiswa, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan diakhiri dengan paparan hasil asesmen lapangan oleh asesor.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments