Pengabdian Masyarakat Jarak Jauh (PMJJ) FKG Unimus

Dalam rangka melaksanakan kewajiban tri dharma perguruan tinggi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Berdasarkan data riskesdas tahun 2018, sebanyak 57,6% penduduk Indonesia memiliki masalah pada gigi dan mulut. Dengan diadakan kegiatan pengabdian masyarakat, harapannya dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut. Apabila pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut baik, maka harapannya dapat merubah perilaku yang sehat, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas karies 2030.

Meskipun dalam kondisi pandemi, tidak menghalangi berlangsungnya kegiatan tersebut. Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19), kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform zoom. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 mulai dari pukul 08.00 sampai 11.30 yang diikuti oleh 63 dokter gigi yang berasal dari berbagai wilayah. Kegiatan ini bertema “Gigi Sehat Senyum Ceria”, yang berarti jika gigi sehat maka harapannya masyarakat juga bahagia sehingga senyum menjadi ceria.

Sasaran kegiatan ini adalah siswa siswi SD Muhammadiyah 08 Semarang yang didampingi olah Bapak/Ibu Guru dan Orang tua/wali. Bentuk kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan dan diskusi tentang kesehatan gigi. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat jarak jauh akan dibagi menjadi 16 kelompok sesuai dengan kelompok kelas yang sudah dibagi oleh panitia, setiap kelompok terdiri dari 3 atau 4 dokter gigi, 1 Bapak/Ibu Guru wali kelas dan kurang lebih 20 siswa. Dokter gigi akan memberikan penyuluhan dengan topik yang berbeda yang disesuaikan dengan usia atau tingkatan kelasnya.

Meskipun kegiatan dilakukan secara virtual, pelaksanaan pengabdian masyarakat berjalan dengan komunikatif. Dokter gigi berlomba – lomba mempersiapkan materi penyuluhan dengan baik, dengan berbagai media alat bantu seperti video, poster, model gigi, bahkan mereka diajak bersama – sama menggosok gigi dengan sikat gigi masing – masing dirumah. Siswa – siswi SD Muhammadiyah 08 Semarang juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka sangat aktif  selama kegiatan penyuluhan berlangsung. Banyak juga orang tua yang mendampingi yang juga ikut berkonsultasi kepada dokter gigi yang bertugas. Dengan diselenggarakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments