Bulan Kesehatan Gigi Nasional : Pahlawan Senyum

Bekerjasama dengan PDGI cabang Semarang, FKG Unimus menyelenggarakan bakti sosial penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis di bulan Oktober ini. Bertepatan dengan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, pemeriksaan dilakukan dengan sasaran kegiatan guru dan siswa di SDN Kalipancur 1, SDN Kalipancur 2, SMD Marsudi Utami, dan SD Purwoyoso 4. Kegiatan BKGN dihari pertama tanggal 10 oktober 2019 dilakukan acara pembukaan oleh ibu Walikota Semarang di SD Kalipancur 01 Semarang, Ketua PDGI Cabang Semarang dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah. Setelah itu dilakukan penyuluhan dikelas masing-masing sekolah lalu dilanjutkan sikat gigi bersama, dan pemeriksaan. Pada siswa yang membutuhkan perawatan pencegahan karies maka akan diberikan perawatan pit and fissure sealant.

Hari kedua dilakukan pada tanggal 31 oktober 2019 yang dimulai dengan pembukaan di masing-masing sekolah, setelah itu langsung dilakukan pemeriksaan kepada siswa-siswa untuk dilakukan evaluasi perilaku menyikat gigi 21 hari pagi dan malam hari. Kegiatan di hari kedua ini diakhiri dengan pemberian plakat kenang-kenangan.

Penyuluhan kesehatan gigi, pemeriksaan gigi dan sikat gigi bersama pada semua siswa. Pada siswa yang membutuhkan akan dilakukan perawatan pit and fissure sealant untuk pencegahan caries. Dilakukan pemantauan perilaku menyikat gigi selama 21 hari kemudian dilakukan pemeriksaan kembali pada tanggal 31 Oktober 2019. Kegiatan ini melibatkan para dokter gigi di wilayah Kota Semarang dan mahasiswa FKG Unimus.

Dengan berlangsungnya agenda bakti sosial bulan kesehatan gigi nasional, diharapkan akan menciptakan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan gigi sejak dini yang dapat berdampak pada peningkatan status kesehatan gigi dan mulut di Kota Semarang.