FKG Unimus – USIM Siapkan Diri Jadi Pelopor Kedokteran Gigi Islam ASEAN

Semarang | (20/08/2019) Terkait dengan adanya masyarakat ekonomi ASEAN, tentu tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional seperti halnya dokter gigi. Standar kompetensi dokter gigi dan dokter gigi spesialis menjadi penting karena persaingan antar kualitas tenaga kesehatan akan semakin kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan suatu standar kompetisi yang dapat membuat tenaga kesehatan, terutama dokter gigi menjadi lebih mandiri dan profesional. Bertolak dari permasalahan tersebut, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menjalin kerja sama dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) untuk mempersiapkan diri menjadi pelopor Kedokteran Gigi Islam ASEAN. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua lembaga dan dilanjutkan dengan International Lecture.


Bertempat di Aula RSGM Unimus, acara yang diikuti oleh ratusan mahasiswa FKG Unimus tersebut mengusung tema “Recent Development in Dental Science and Technology based Islamic Perspective”. Menghadirkan empat pembicara sekaligus yakni, drg. Budiono, M.Pd (Dean Faculty of Dentistry Unimus) yang memaparkan materi “A Perspective of Advancing Dental Education”, dilanjutkan pembicara kedua Dr. Ainuddin Yushar Yusof (Dean Faculty of Dentistry USIM) dengan mengangkat topik “Integration of Naqli and Aqli Knowledge”, dan pembicara ketiga Dr. Aspalilah Alias (Deputy Dean Research and Development Faculty of Dentistry USIM) dengan topik “Fiqh in Destristry” serta Dr. Ahmad Dzulfikar Samsudin (Deputy Dean Student Affairs and Alumni Faculty of Dentistry USIM) dengan topik “Impacted Wisdom Tooth” sebagai pembicara keempat.

Hadir untuk memberikan sambutan, Wakil Rektor III Dr. Samsudi Rahardjo, MM.,MT. Pihaknya menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan dan kemampuan adalah hal yang penting untuk menghadapi tantangan globalisasi. “Oleh karenanya, kerja sama yang terjalin antara FKG Unimus dengan USIM harapannya dapat memberikan peluang antara kedua belah pihak untuk menghasilkan SDM yang mampu bersaing di era kompetitif ini, “ ujarnya. FKG Unimus sendiri terus berkomitmen untuk terus menanamkan nilai-nilai islam dalam pendidikan kedokteran gigi, sehingga dokter gigi tidak hanya sekedar mengejar kekayaan dengan profesinya, akan tetapi juga mengingat nilai-nilai islam yang akan menentukan kesuksesannya di Akhirat kelak. Dalam kegiatan tersebut, terjalin kerja sama pula antara Universitas Airlangga Surabaya (Dr. R. Darmawan Setiyanto, M.Kes) dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (Dr. Cut Soraya, M.Pd) dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).