Road to PIMNAS 2018 FKG Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memaparkan materi tentang strategi penulisan proposal penelitian

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memaparkan materi tentang strategi penulisan proposal penelitian

Unimusǀ Semarang (20/10/2017) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan kegiatan workshop penulisan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa bertempat di aula Unimus. Kegiatan dilaksanakan  dengan tujuan memberikan bekal kepada mahasiswa supaya memiliki kemampuan menulis, mengkonsep ide kreatif serta menghasilkan Proposal PKM yang berkualitas.  Kegiatan bertema “Gerakan FKG Menulis” Roadshow to Pimnas menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA Wakil Dekan II FKG yang juga praktisi dan peneliti serta drg. Tiarisna Hidayatun Nisa, dosen FKG yang pernah meraih prestasi di Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa (Pimnas). Kegiatan dibuka oleh Dekan FKG Unimus (drg. Budiono, M.Pd), diikuti oleh ketua program studi, dosen pembimbing dan mahasiswa FKG sejumlah 160 orang.

drg. Tiarisna Hidayatun berbagi kiat sukses PKM pada mahasiswa FKG

drg. Tiarisna Hidayatun berbagi kiat sukses PKM pada mahasiswa FKG

Dekan FKG mengungkapkan workshop ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam menyongsong pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017 yang diadakan oleh Dikti. “Mahasiswa FKG Unimus diharapkan aktif dan mulai memahami keseriusan mengenal PKM yang setiap tahun dianggarkan dan dilombakan oleh kemenristek dikti. PKM merupakan ajang prestisius mengetahui kreativitas mahasiswa antar perguruan tinggi di Indonesia” papar Dekan FKG. “Kita harus mengulang sukses sebelumnya dengan mengirimkan mahasiswa FKG lebih banyak ke Pimnas melalui PKM” tambah drg. Budiono.

drg. Tegar Permadi Dimas memandu sesi diskusi

drg. Tegar Permadi Dimas memandu sesi diskusi

Dr. Risyandi memaparkan kiat sukses penyusunan proposal penelitian sebagai salah satu skim dalam PKM. “Kiat sukses membuat PKM, pertama Anda sebagai mahasiswa harus kaya ide. Cara memperkaya ide dengan banyak membaca diberbagai media baik media tulis, media sosial dan media elektronik” jelasnya. “Selain ide proposal juga harus berkualitas, disusun dengan latar belakan, tujuan dan metode yang jelas” tambahnya.

Persiapan yang baik dari  mahasiswa dalam melahirkan proposal PKM yang bermutu yang nantinya diharapkan juga dapat berkontribusi terhadap lolosnya karya mahasiswa dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional” ungkap drg. Tiarisna selaku koordinator penyusunan PKM FKG.  Drg. Tiarisna didapuk menjadi koordinator karena memiliki segudang prestasi berkaitan dengan PKM antara lain: 4th Indonesia award for young scientist (INAY’S) tahun 2010, menjadi 1st Winner PKM Penelitian tahun 2011, Runner up “Be Entrepreneur” tahun 2011Bronze Medal Table Clinical Dental Prevention SEAADE-GC, Hongkong University tahun 2012, Finalist  8th Dental Scientific Meeting tahun 2013 juga “The most active researcher “ PSMKGI award tahun 2015. “Semua mahasiswa yang mengirimkan proposal harus lolos Pimnas tahun ini, ini kesempatan bagus mencari prestasi demi pribadi dan nama baik kampus” pesan dokter gigi yang akrab dipanggil drg. Ais tersebut. Drg. Ais berharap FKG Unimus mengulang sukses tahun sebelumnya dapat mengirimkan mahasiswa lebih banyak pada kegiatan Pimnas 2018.

Reportase UPT Kehumasan dan Protokoler