BEM FKG Unimus Mengadakan Donor Darah Untuk Civitas Akademik

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh BEM FKG UNIMUS diselenggarakan pada tanggal 23 April 2019, waktu kegiatan mulai dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB bertempat di Aula RSGM FKG UNIMUS lantai 3 (kampus 2 UNIMUS), Jalan Kedung Mundu Raya No.22, Sendangmulyo, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50272. Kegiatan berjalan sangat lancar walaupun ada sedikit kendala yaitu kurangnya sumber daya manusia dimana acara donor darah ini bersamaan dengan acara Baksos FKG UNIMUS yang diadakan di tempat yang sama dan di waktu yang sama sehingga semua anggota BEM dikerahkan semua diacara tersebut, namun dapat teratasi dengan dibantu oleh anggota DENRES FKG UNIMUS. Ada pula kendala lainnya, acara donor darah FKG UNIMUS bersamaan dengan acara donor darah di FK UNIMUS menyebabkan target tidak dapat terpenuhi karena pendonor terbagi di dua tempat yaitu di Kampus 1 UNIMUS dan di Kampus 2 UNIMUS yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara baksos dan donor darah pada pukul 07.30 WIB bertempat di Aula RSGM FKG UNIMUS lantai 3 (kampus 2 UNIMUS) yang terdiri dari sambutan Dekan FKG UNIMUS drg. Budiono, M.P.d. dan Ketua Panitia drg. Ani Megawati. Kemudian pada pukul 08.30 WIB petugas PMI sampai di RSGM FKG UNIMUS dan segera mempersiapkan barang – barangnya  di Aula RSGM UNIMUS tempat acara donor darah berlangsung. Pendonor pertama yaitu bapak Budi selaku satpam di FKG UNIMUS, kemudian ada anak koas FKG UNIMUS, mahasiswa FKG UNIMUS, mahasiswa FMIPA, dosen FKG UNIMUS, dosen FMIPA, masyarakat umum dan ada pula salah satu dokter PDGI yang ikut serta dalam mendonorkan darahnya. Sempat ada tragedi yaitu pingsannya salah satu anak koas setelah mendonorkan darahnya, namun dapat teratasi dengan pertolongan dari petugas PMI. Tepat pukul 12.00 dari pihak PMI menutup semua pendaftaran donor darah, karena memang dari rundown acara donor darah berakhir pada pukul 12.00. Di akhir acara dari pihak PMI memberikan tanda terimakasih berupa Dana Pembinaan berupa uang Rp. 5000 untuk 1 kantung darah.

Total  jumlah pendaftar donor darah sebanyak 45 peserta, tetapi hanya 26 peserta saja yang dapat diambil darahnya dan 19 peserta sisanya tidak memenuhi persyaratan, sedangkan kami mentargetkan 50 pendonor. Dana Pembinaan yang kami dapatkan sebanyak Rp. 130.000 didapat dari Rp. 5000 untuk 26 kantung darah. Memang tidak begitu banyak, tetapi dari pihak PMI dan kami selaku panitia sudah sangat bersyukur dan banyak terimakasih kepada para peserta karena telah bersedia mendonorkan darahnya untuk saudara – saudara yang membutuhkan. Dari pihak PMI berpesan kepada kami untuk mengadakan acara donor darah juga di bulan Ramadhan karena musibah datangnya bisa kapan saja dan tidak ada yang tahu, di bulan Ramadhan ini PMI sering kehabisan stok persediaan darah sedangkan tidak banyak orang yang bersedia mendonorkan darahnya di bulan Ramadhan.