FKG Unimus mengadakan Workshop Personal Branding bagi Mahasiswa

Semarang, 14 Maret 2019 | Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan Workshop Personal Branding dengan tema “How to Build Your Personal Branding“. Kegiatan ini merupakan rangkaian program untuk membekali soft skill mahasiswa sebelum melaksanakan pembelajaran di International Medical University, Universiti Sains Islam, dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Acara ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa.

Dekan FKG Unimus drg Budiono M.Pd memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FKG Unimus drg Budiono M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa personal branding merupakan suatu hal yang penting sebagai seorang dokter gigi, selain bertujuan untuk mengenalkan diri ke masyarakat, juga untuk menonjolkan ciri khas / keunggulan dari masing-masing individu dibanding dengan yang lain. Harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa memiliki soft skill yang baik terutama dalam komunikasi / berbicara yang berkontribusi dalam membranding diri.

Narasumber Nezzal Gozal menyampaikan materi tentang Personal Branding

Selanjutnya materi diisi oleh narasumber Nezza Gozal yang merupakan presenter sekaligus praktisi dibidang public speaking, beliau menyampaikan materi tentang Personal Branding. Personal Branding merupakan identitas individu agar diingat oleh orang lain. Beliau menambahkan, personal branding dapat tercipta dari keunikan dan prestasi dari masing-masing individu. Selanjutnya beliau menyampaikan materi tentang self awareness dimana setiap peserta diminta untuk mengenali diri sendiri dengan menyebutkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, lalu peserta diminta untuk menemukan keunikan / prestasi diri yang bisa digunakan sebagai personal branding.

Narasumber Adi Siswowidjono menyampaikan materi tentang Public Speaking

Materi selanjutnya disampaikan oleh Adi Siswowidjono yang merupakan seorang presenter dan praktisi dibidang public speaking, selain itu beliau juga merupakan founder dari Akademi Bicara. Materi yang beliau sampaikan yaitu public speaking. Beliau menyampaikan beberapa hal yang dilakukan dalam public speaking antara lain : memuji orang, bahasa tubuh, senyum, intonasi, dan artikulasi. Diakhir sesi peserta diminta untuk maju satu persatu mempraktikkan public speaking didepan para peserta.

Para peserta mengikuti instruksi yang disampaikan narasumber
Penyerahan plakat oleh Dekan dan Ka Prodi diberikan kepada kedua narasumber
Foto bersama peserta dengan narasumber

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat yang diberikan oleh Dekan dan Ketua Program Studi kepada kedua narasumber dilanjutkan dengan foto bersama.