47 Mahasiswa FKG Unimus Ikuti International Student Mobility Ke Malaysia

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menyerahkan surat tugas kepada perwakilan mahasiswa FKG

Semarang │Unimus (09/07/2018) Sejumlah 47 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) terlibat dalam kegiatan internasional dengan mengikuti International Student Mobility ke Malaysia. Mahasiswa dilepas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof. Dr. Masrukhi, MPd didampingi Wakil Rektor I Dr. Sri Darmawati, M.Si, Wakil Rektor II Dr. Sri Rejeki, M.Kep, SpMat, Wakil Rektor III Drs. Samsudi Raharjo, Direktur International Relationship Office (IRO) Unimus Moh. Yusuf, PhD dan Dekan FKG Drg. Budiono, M.Pd. Pelepasan dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan doa pagi Senin (09/07) di taman Unimus.

Ke- 47 mahasiswa semester 8 FKG tersebut akan mengikuti kegiatan International Elective Program di University of Malaya (UM) dan International Medical University (IMU) Malaysia mulai 16 sampai 20 Juli 2018. Disampaikan oleh Dekan FKG bahwa dasar kegiatan intenational student mobility adalah implementasi kegiatan internasional dan kebutuhan pembelajaran blok 24 di Program Studi Kedokteran gigi FKG. “Kegiatan ini sebagai penurunan visi FKG sebagai kedokteran keluarga yang unggul dengan mengoptimalkan upaya preventif. Kita akan membekali mahasiswa program sarjana tentang bagaiamana perkembangan teknologi terkini dalam kedokteran gigi” papar Drg. Budiono. “Selama di Malaysia mahasiswa akan mengikuti clinical class tentang tentang Forensic Dentistry juga dapat belajar di laboratorium tentang upaya-upaya penanganan permasalahan gigi. Dalam kegiatan praktek elektif nanti mahasiswa akan mendapatkan tambahan materi tentang perawatan pada anak menggunakan anestesi inhalasi dan mendapatkan kesempatan untuk praktikum dengan peralatan yang berteknologi tinggi” tambahnya. “Kegiatan ini juga merupakan ajang bagi FKG Unimus untuk mulai mensyiarkan diri di kancah pendidikan dokter gigi di dalam dan luar negeri. Diharapkan mahasiswa juga memiliki pandangan yang luas tentang kedokteran gigi minimal di tingkat Asia, juga dapat menstimulasi ketertarikan belajar lebih lanjut tentang kedokteran gigi” jelasnya. “Agenda lebih lanjut juga akan dilakukan realisasi student mobility mahasiswa dari University of Malaya (UM) dan International Medical University (IMU) Malaysia ke FKG Unimus” pungkasnya.

Ke-47 mahasiswa FKG bersiap mau berangkat ke Malaysia

Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan bahwa International Student Mobility yang diprogramkan secara rutin oleh Unimus dalam rangka sharing keilmuan dalam bidang kedokteran gigi yang nantinya akan bermanfaat untuk para mahasiswa bagaimana mereka dapat meningkatkan profesionalismenya sebagai lulusan Unimus. “Mahasiswa FKG Unimus perlu belajar tukar pengalaman dengan teman dari luar negara dan dengan teman di Indonesia tentang seputar keilmuan kedokteran gigi yang mendukung pengembangan dokter gigi yang profesional” tambah Rektor. “Selama ini kerjasama yang intens antara Unimus dengan berbagai Perguruan Tinggi di Luar negeri di intensifkan dalam rangka visi internasionalisasi. Harapannya lulusan Unimus siap menghadapi pasar global artinya bisa bekerja tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia” tandas Rektor.

Reportase UPT Humas dan Protokoler