BEM dan Dental Rescue FKG Gelar FORAMEN 2018

Seorang anak kooperatif dilakukan pemeriksaan oleh mahasiswa

Semarang │(29/04/2018) Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Dental Rescue FKG Unimus melaksanakan kegiatan pengabdian mayarakat berupa bakti sosial (Baksos) pada Minggu 29 April 2018. Kegiatan yang diketuai oleh Ariqo Jauza Ulhaq diberi nama FORAMEN 2018 (Fakultas Kedokteran Gigi Unimus Mengabdi) diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.  Kegiatan FORAMEN 2018 masuk dalam rangkaian dies natalis FKG Unimus yang jatuh setiap tanggal 18 April.

Mahasiswa melakukan edukasi kesehatan gigi pada anak

Dikemukakan oleh Irfan dari Departemen Komunikasi BEM FKG bahwa FORAMEN 2018 adalah program kerja dari departemen pengdian masyarakat BEM FKG Unimus berkolaborasi dengan Dental Rescue FKG Unimus berupa bakti sosial meliputi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama dan tindakan preventif berupa pit dan Fissure Sealent. “Fissure sealant itu perawatan preventif (pencegahan) dengan cara meletakkan bahan pada pit dan fisura gigi yang bertujuan untuk mencegah proses karies gigi” tambahnya.  “Tujuannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut pada anak dalam rangka mewujudkan Indonesia Bebas Karies 2030” pungkas Irfan.

Tim Departemen Pengabmas dan Dental Rescue FKG melakukan pemeriksaan gigi anak

Bertempat di TPQ Nurul Qoyyimah Ronggo Warsito RT 03 RW 01, Tanjungmas, Semarang  FORAMEN 2018 melakukan pengabdian masyarakat pada 75 anak. Masyarakat memberikan respon positif terhadap kegiatan yang diselenggarakan BEM FKG, anak-anak antusias untuk mendengarkan penyuluhan dan dilakukan pemeriksaan gigi.  Selama ini BEM FKG Unimus telah secara rutin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat  berupa penyuluhan, pemeriksaan indeks karies gigi, dan sikat gigi bersama

Reportase UPT Humas dan Departemen Komunikasi BEM FKG