Kegiatan Mahasiswa

47 Mahasiswa FKG Unimus Ikuti International Student Mobility Ke Malaysia

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi menyerahkan surat tugas kepada perwakilan mahasiswa FKG

Semarang │Unimus (09/07/2018) Sejumlah 47 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) terlibat dalam kegiatan internasional dengan mengikuti International Student Mobility ke Malaysia. Mahasiswa dilepas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof. Dr. Masrukhi, MPd didampingi Wakil Rektor I Dr. Sri Darmawati, M.Si, Wakil Rektor II Dr. Sri Rejeki, M.Kep, SpMat, Wakil Rektor III Drs. Samsudi Raharjo, Direktur International Relationship Office (IRO) Unimus Moh. Yusuf, PhD dan Dekan FKG Drg. Budiono, M.Pd. Pelepasan dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan doa pagi Senin (09/07) di taman Unimus.

Ke- 47 mahasiswa semester 8 FKG tersebut akan mengikuti kegiatan International Elective Program di University of Malaya (UM) dan International Medical University (IMU) Malaysia mulai 16 sampai 20 Juli 2018. Disampaikan oleh Dekan FKG bahwa dasar kegiatan intenational student mobility adalah implementasi kegiatan internasional dan kebutuhan pembelajaran blok 24 di Program Studi Kedokteran gigi FKG. “Kegiatan ini sebagai penurunan visi FKG sebagai kedokteran keluarga yang unggul dengan mengoptimalkan upaya preventif. Kita akan membekali mahasiswa program sarjana tentang bagaiamana perkembangan teknologi terkini dalam kedokteran gigi” papar Drg. Budiono. “Selama di Malaysia mahasiswa akan mengikuti clinical class tentang tentang Forensic Dentistry juga dapat belajar di laboratorium tentang upaya-upaya penanganan permasalahan gigi. Dalam kegiatan praktek elektif nanti mahasiswa akan mendapatkan tambahan materi tentang perawatan pada anak menggunakan anestesi inhalasi dan mendapatkan kesempatan untuk praktikum dengan peralatan yang berteknologi tinggi” tambahnya. “Kegiatan ini juga merupakan ajang bagi FKG Unimus untuk mulai mensyiarkan diri di kancah pendidikan dokter gigi di dalam dan luar negeri. Diharapkan mahasiswa juga memiliki pandangan yang luas tentang kedokteran gigi minimal di tingkat Asia, juga dapat menstimulasi ketertarikan belajar lebih lanjut tentang kedokteran gigi” jelasnya. “Agenda lebih lanjut juga akan dilakukan realisasi student mobility mahasiswa dari University of Malaya (UM) dan International Medical University (IMU) Malaysia ke FKG Unimus” pungkasnya.

Ke-47 mahasiswa FKG bersiap mau berangkat ke Malaysia

Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan bahwa International Student Mobility yang diprogramkan secara rutin oleh Unimus dalam rangka sharing keilmuan dalam bidang kedokteran gigi yang nantinya akan bermanfaat untuk para mahasiswa bagaimana mereka dapat meningkatkan profesionalismenya sebagai lulusan Unimus. “Mahasiswa FKG Unimus perlu belajar tukar pengalaman dengan teman dari luar negara dan dengan teman di Indonesia tentang seputar keilmuan kedokteran gigi yang mendukung pengembangan dokter gigi yang profesional” tambah Rektor. “Selama ini kerjasama yang intens antara Unimus dengan berbagai Perguruan Tinggi di Luar negeri di intensifkan dalam rangka visi internasionalisasi. Harapannya lulusan Unimus siap menghadapi pasar global artinya bisa bekerja tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia” tandas Rektor.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

FKG Gelar Basic Life Support for Dental Practice

Semarang | (12/05/2016) Fakultas Kedokteran Gigi Unimus mengadakan pelatihan Basic Life Support for Dental Practice. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang 407 dan 408, lantai 4 Gedung Nursing Research Centre (NRC) Unimus dengan narasumber dari AGD 118 Jakarta. Peserta yang mengikuti short course ini terdiri dari 47 mahasiswa dan 4 staff pendidik.

Pemberian materi pembekalan kepada peserta pelatihan

Kegawatdaruratan medik dibidang  kedokteran gigi merupakan sebuah kasus yang dapat dijumpai dalam proses perawatan gigi. Walaupun insidensi kasus menurun dalam beberapa waktu ini, namun dokter gigi harus tetap mampu untuk melakukan penanganan agar tidak berlanjut menimbulkan resiko yang fatal. Oleh karena itu, diperlukan adanya upgrading skills demi membekali para dokter gigi agar mampu memberi perawatan pertama kegawatdaruratan medik, terutama dibidang kedokteran gigi, sebagai bekal dalam pelaksanaan praktek kedokteran gigi sehari – hari.

Pemberian materi praktek menggunakan AED

Pada kegiatan ini, trainer AGD 118 (Ns. Ahmad Mustofa, M.Kep dan Ns. Chanif MNS) menyampaikan 2 materi yaitu tentang monitoring dan evaluasi, serta Basic Life Support. Monitoring dan evaluasi merupakan poin dasar guna menilai derajat keparahan yang ditimbulkan pada pasien akibat gangguan keseimbangan pada kasus kegawatdaruratan medik. Langkah ini penting untuk dipahami dan digunakan sebagai bekal untuk terjun di tengah masyarakat guna mampu dengan cepat mengidentifikasi adanya kondisi tertentu yang dapat mengancam jiwa. Sedangkan Basic Life Support adalah tindakan penanganan yang dilakukan dengan sesegera mungkin dan bertujuan untuk menghentikan proses menuju kematian. Tujuan utamanya adalah guna melindungi organ vital seperti otak dari kerusakan yang irreversibel akibat hipoksia akibat peredarah darah yang tidak adekuat ke organ tersebut. Hal ini harus segera dilakukan karena bila terlambat dalam memberi penanganan, maka dapat mengancam jiwa pasien.

Penilaian kemampuan peserta dalam melakukan transport korban

Dalam short couse ini, diharapkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang dapat belajar dan mempraktekan bagaimana penanganan kasus kegawatdaruratan medik bidang kedokteran gigi yang perlu diintervensi sesegera mungkin, salah satunya dengan identifikasi monitoring dan evaluasi kondisi pasien serta pemberian perawatan Basic Life Support. Bekal ini penting untuk mereka sebelum terjun melanjutkan studi dalam program profesi kedokteran gigi pada proses pendidikan profesi.

BEM dan Dental Rescue FKG Gelar FORAMEN 2018

Seorang anak kooperatif dilakukan pemeriksaan oleh mahasiswa

Semarang │(29/04/2018) Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Dental Rescue FKG Unimus melaksanakan kegiatan pengabdian mayarakat berupa bakti sosial (Baksos) pada Minggu 29 April 2018. Kegiatan yang diketuai oleh Ariqo Jauza Ulhaq diberi nama FORAMEN 2018 (Fakultas Kedokteran Gigi Unimus Mengabdi) diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.  Kegiatan FORAMEN 2018 masuk dalam rangkaian dies natalis FKG Unimus yang jatuh setiap tanggal 18 April.

Mahasiswa melakukan edukasi kesehatan gigi pada anak

Dikemukakan oleh Irfan dari Departemen Komunikasi BEM FKG bahwa FORAMEN 2018 adalah program kerja dari departemen pengdian masyarakat BEM FKG Unimus berkolaborasi dengan Dental Rescue FKG Unimus berupa bakti sosial meliputi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama dan tindakan preventif berupa pit dan Fissure Sealent. “Fissure sealant itu perawatan preventif (pencegahan) dengan cara meletakkan bahan pada pit dan fisura gigi yang bertujuan untuk mencegah proses karies gigi” tambahnya.  “Tujuannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut pada anak dalam rangka mewujudkan Indonesia Bebas Karies 2030” pungkas Irfan.

Tim Departemen Pengabmas dan Dental Rescue FKG melakukan pemeriksaan gigi anak

Bertempat di TPQ Nurul Qoyyimah Ronggo Warsito RT 03 RW 01, Tanjungmas, Semarang  FORAMEN 2018 melakukan pengabdian masyarakat pada 75 anak. Masyarakat memberikan respon positif terhadap kegiatan yang diselenggarakan BEM FKG, anak-anak antusias untuk mendengarkan penyuluhan dan dilakukan pemeriksaan gigi.  Selama ini BEM FKG Unimus telah secara rutin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat  berupa penyuluhan, pemeriksaan indeks karies gigi, dan sikat gigi bersama

Reportase UPT Humas dan Departemen Komunikasi BEM FKG

Peringati Hari Ibu FKG Unimus Gelar Bhakti Sosial di Panti Wredha

Dekan bersama dosen FKG Unimus dan pengurus Dharmawanita Kota Semarang pada acara pembukaan Bhakti Sosial di Panti Wredha Harapan Ibu

Dekan bersama dosen FKG Unimus dan pengurus Dharmawanita Kota Semarang pada acara pembukaan Bhakti Sosial di Panti Wredha Harapan Ibu

Semarang │(10/12/2017) Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) di Panti Wredha Harapan Ibu Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang pada Sabtu 09 Desember 2017 lalu. Bakti sosial terselenggara bekerja sama dengan Dharmawanita Pemerintah Kota Semarang dan PT Rafi Citrapariwara Semarang. Kegiatan baksos diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan ibu-ibu lanjut usia (lansia). Dikemukakan oleh ketua penyelenggara kegiatan yang juga Ketua Unit Kedokteran Gigi Keluarga Islami FKG Unimus drg. Tegar Permadi Dimas Prakoso mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan gigi serta pengobatan gigi gratis

Mahasiswa FKG Unimus melakukan pemeriksaan tekanan darah pada lansia

Mahasiswa FKG Unimus melakukan pemeriksaan tekanan darah pada lansia

“Selama ini hari ibu yang kita rayakan setiap tahun pada tanggal 22 Desember jarang sekali  di rayakan dengan penuh hikmat, padahal sudah sepantasnya ibu mendapatkan perhatian yang spesial. Pada tahun ini FKG Unimus memberikan bingkisan spesial bagi ibu-ibu lansia melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu-ibu lansia” ungkap drg. Budiono, M.Pd selaku Dekan FKG Unimus. Kegiatan yang berlangsung ramai dari jam 07.00 sampai jam 12.00 tersebut diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta diakhiri dengan makan bersama. Bhakti sosial tersebut merupakan wujud partisipasi civitas akademika dalam mengaplikasikan Caturdarma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang pengabdian masyarakat.

Dosen FKG Unimus melakukan pemerisaan gigi lansia

Dosen FKG Unimus melakukan pemerisaan gigi lansia

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Upayakan Indonesia Bebas Karies FKG Unimus Gelar Bakti Sosial di Sekolah

Pimpinan PDGI Kota Semarang dan Dekan FKG Unimus usai penandatanganan MoU

Pimpinan PDGI Kota Semarang dan Dekan FKG Unimus usai penandatanganan MoU

Semarang │(23/09/2017) Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) kesehatan gigi dan mulut di beberapa Sekolah Dasar Kabupaten Demak. Bakti sosial terselenggara bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kotamadia Semarang dan PT Unilever Indonesia. Kegiatan baksos diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam rangka bulan kesehatan gigi nasional 2017. Bakti sosial yang mengambil tema “Senyum sehat kini dan nanti menuju Indonesia bebas karies 2030” tersebut melibatkan 5 dosen  dan 24 mahasiswa FKG Unimus.

Mahasiswa dan dosen terlibat dalam pemeriksaan gigi pada siswa SD

Mahasiswa dan dosen terlibat dalam pemeriksaan gigi pada siswa SD

Diungkapkan oleh Dekan FKG Unimus Drg. Budiono, M.Pd bahwa kegiatan Bakti Sosial akan dilaksanakan selama dua termin pada tanggal 23 September dan 24 Oktober 2017 di dua Sekolah Dasar Kabupaten Demak.  “Kegiatan diikuti oleh 434 siswa SD Daleman dan 388 siswa SD Tambakroto Kecamatan Sayung Kabupaten Demak terdiri dari kegiatan penyuluhan kesehatan gigi mulut dan pemeriksaan gigi. Bakti Sosial bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak SD tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut sejak dini, memberdayakan individu dan masyarakat melalui pengembangan program sekolah sehat binaan PDGI, meningkatkan jumlah guru dan anak yang terlatih menjamin program kesehatan gigi mulut, serta meningkatkan presentase bebas karies gigi molar permanen pada anak dibawah 12 tahun” papar Drg. Budiono.

Dekan FKG (Drg. Budiono, M.Pd) turun langsung melakukan pemeriksaan gigi pada siswa SD

Dekan FKG (Drg. Budiono, M.Pd) turun langsung melakukan pemeriksaan gigi pada siswa SD

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FKG Unimus dengan PDGI Cabang Kota Semarang. Melalui penandatanganan MoU diharapkan terjalin kerjasama yang mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di FKG Unimus. Melalui MoU ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi FKG Unimus dalam mengembangkan program sekolah sehat.

 

 

Reportase UPT Humas dan Protokoler

BEM FKG Menyelenggarakan Pelatihan Basic Life Support Bagi Mahasiswa dan Umum

Semarang | (6/08/2017) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang menyelenggarakan Seminar Kesehatan Untuk Umum (SEMENTUM) dengan tema “Basic Life Support” di Gedung Nursing Research Center Unimus pada hari Minggu, 6 Agustus 2017. Kegiatan ini terdiri menjadi 2 bagian yaitu seminar dan pelatihan dengan narasumber yaitu Ns. Akhmad Mustofa., M. Kep dan Ns Sri Widodo.,S.Kep.M.Sc yang merupakan Instruktur Pelatihan BTCLS (Basic Trauma & Cardiac Life Support) Yayasan AGD 118 Jakarta.

Sambuatan sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor III Drs.H. Samsudi Rahardjo, MM,MT

Sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor III Drs.H. Samsudi Rahardjo, MM,MT

Kegiatandibuka oleh Wakil Rektor III Drs. H. Samsudi Rahardjo, MM.MT, beliau sangat mendukung Seminar dan Pelatihan ini, “Sudah saatnya edukasi dan pelatihan BLS tentang kemampuan dasar yang benar saat menyelamatkan orang dari kegawatdaruratan ini diketahui khalayak umum agar bisa memberi pertolongan pertama sebelum memanggil paramedis atau dibawa ke rumah sakit”. Kegiatan juga dihadiri oleh Perwakilan Dekan FKG, Presiden Mahasiswa, dan delegasi SEMA, BEM, dan HMJ.

Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Pada kegiatan pelatihan, instruktur menjelaskan tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) yang bertujuan untuk bereaksi secara cepat dan benar untuk sesegera mungkin mengembalikan denyut jantung ke kondisi normal untuk mencegah terjadinya kematian otak dan kematian permanen pada korban yang mengalami kondisi kegawatdaruratan. Selain itu materi selanjutnya adalah penanganan pada korban kecelakaaan yang mengalami luka baik pendarahan maupun patah tulang, serta langkah-langkah pertolongan yang bisa dilakukan sembari menunggu datangnya ambulans.

Pelatihan Penanganan Korban Kecelakaan

Pelatihan Penanganan Korban Kecelakaan

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan bisa menjadi pribadi yang tanggap dalam mengatasi keadaan kegawatdaruratan dan dapat membantu korban yang membutuhkan pertolongan.

Reportasi UPT TIK

Mahasiswa FKG Gelar Pengabmas Pelatihan Dokter Kecil di Sekolah

Mahasiswa EKG memberikan penyuluhan kesehatan gigi pada siswaSemarang (17/05/2017) Mahasiswa mahasiswa Fakultasa Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) dengan memberikan pelatihan pada dokter kecil pada siswa-siswi SD Labschool Unnes. Pelatihan tersebut diselenggarakan di kampus SD Labschool Unnes Semarang pada hari Rabu 17 Mei 2017.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Siswa nampak sangat senang, karena selama proses pelatihan mereka diajak untuk menonton video tentang kesehatan gigi serta diberikan hadiah. “Aku gembira bisa lihat film dan dapat kado yang besar,” tutur Aila, siswi kelas 3 SD Labschool Unnes.
Acara yang digelar merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah terjalin antara Labschool Unnes dengan Unimus, demikian diungkapkan oleh Prigel, ketua panitia acara tersebut,. Ia menjelaskan, kerjasama yang sudah digelar antara lain rekam medis tahunan kesehatan gigi siswa-siswi Labschool Unnes, pembentukan dokter gigi kecil, parenting, dan bakti sosial kepada warga sekitar. “Tak lupa juga penanaman tanaman obat herbal untuk kesehatan gigi masyarakat,” jelasnya. Mahasiswa Kedokteran Gigi Unimus itu menuturkan, pelatihan dokter gigi kecil yang digelar merupakan bentuk implementasi secara langsung ke masyarakat. “Pembelajaran Unit Kegiatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan upaya promotif dan preventif terhadap peningkatan kesehatan gigi dan mulut untuk siswa usia sekolah dasar,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FKG tersebut merupakan wujud partisipasi mahasiswa dalam mengaplikasikan Caturdarma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dokter kecil tersebut juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh di bangku perkuliahan.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

FKG Unimus Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan dan Konseling Gigi Gratis

Dosen FKG memberikan konseling kesehatan gigi pada masyarakatSemarang │(14/05/2017) Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) bekerja sama dengan Paguyuban Senam Kecamatan Tembalang. Kegiatan baksos diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan bekerjasama dengan Fakulas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (program Studi Keperawatan dan Analis Kesehatan)

Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan gratis antara lain pemeriksaan gigi dan konseling kesehatan gigi. Kegiatan berlangsung ramai dari jam 08.00 sampai jam 12.00 di Perumahan Wanamukti Semarang. Kegiatan dihadiri oleh masyarakat di wilayah kota Semarang dan sekitarnya dengan jumlah pengunjung 150 orang. Dalam wawancara yang dilakukan pada masyarakat didapatkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan karena masyarakat dapat mengetahui status kesehatannya, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Ujian Akhir Blok Untuk Mahasiswa FKG Unimus

Pelaksanaan Ujian MCQ di Lab Komputer

Semarang | Mahasiswa FKG Unimus melaksanakan ujian akhir blok untuk Blok 1, 7, 13 dan 19 pada hari Senin-Jumat, 24-28 Oktober 2016. Ujian ini dilaksanakan dari pagi sampai sore, adapun ujiannya meliputi MCQ, OSCE, dan Responsi. Ujian ini dilaksanakan untuk semua angkatan mahasiswa FKG Unimus. Untuk Ujian MCQ dilaksanakan di Lab. Komputer, Ujian OSCE dilaksanakan di ruang tutorial, dan Ujian Responsi di ruang kelas. Tujuan dari rangkaian ujian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa di akhir blok. Diharapkan mahasiswa FKG Unimus dapat memahami seluruh materi yang sudah diajarkan dan mendapatkan nilai yang terbaik pada ujian ini. (red.TIK)

Milad III Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAGI) Unimus 2015

Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam rangka Milad HIMAGI Unimus 2015

Rektor Unimus Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam rangka Milad HIMAGI Unimus 2015

UNIMUS | Semarang, Jumat (10/4/2015) mahasiswa Prodi DIII Gizi dan S1 Gizi UNIMUS yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) menyelenggarakan acara MILAD HIMAGI UNIMUS KE 3. Ini adalah kali pertama peringatan lahirnya HIMAGI dirayakan dalam sebuah acara besar. Dengan mengusung tema “Art of Nutrition” acara ini berlangsung selama dua hari dengan beberapa rangkaian acara seperti senam aerobik, pemeriksaan antropometri, konsultasi gizi, lomba, koin peduli gizi, bazar, dan lomba – lomba. Hari pertama kegiatan dibuka oleh Rektor UNIMUS, Prof. Dr. Djamaludin Darwis, M.A. di halaman Rektorat UNIMUS. Senam aerobik bersama yang diikuti oleh warga UNIMUS dan warga sekitar mengawali kegiatan di pagi hari dan dilanjutkan lomba “Ranking 1” untuk siswa SMA/SMK sederajat se-Kota Semarang pada tahap penyisihan. Selain kegiatan tersebut, dimeriahkan pula dengan pembagian bubur kacang ijo dan kue untuk partisipan, kegiatan pemeriksaan antropometri untuk mengetahui status gizi dan konsultasi gizi bagi masyarakat umum. Read More »