Author Archives: admin

Road to PIMNAS 2018 FKG Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memaparkan materi tentang strategi penulisan proposal penelitian

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memaparkan materi tentang strategi penulisan proposal penelitian

Unimusǀ Semarang (20/10/2017) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan kegiatan workshop penulisan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa bertempat di aula Unimus. Kegiatan dilaksanakan  dengan tujuan memberikan bekal kepada mahasiswa supaya memiliki kemampuan menulis, mengkonsep ide kreatif serta menghasilkan Proposal PKM yang berkualitas.  Kegiatan bertema “Gerakan FKG Menulis” Roadshow to Pimnas menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA Wakil Dekan II FKG yang juga praktisi dan peneliti serta drg. Tiarisna Hidayatun Nisa, dosen FKG yang pernah meraih prestasi di Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa (Pimnas). Kegiatan dibuka oleh Dekan FKG Unimus (drg. Budiono, M.Pd), diikuti oleh ketua program studi, dosen pembimbing dan mahasiswa FKG sejumlah 160 orang.

drg. Tiarisna Hidayatun berbagi kiat sukses PKM pada mahasiswa FKG

drg. Tiarisna Hidayatun berbagi kiat sukses PKM pada mahasiswa FKG

Dekan FKG mengungkapkan workshop ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam menyongsong pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017 yang diadakan oleh Dikti. “Mahasiswa FKG Unimus diharapkan aktif dan mulai memahami keseriusan mengenal PKM yang setiap tahun dianggarkan dan dilombakan oleh kemenristek dikti. PKM merupakan ajang prestisius mengetahui kreativitas mahasiswa antar perguruan tinggi di Indonesia” papar Dekan FKG. “Kita harus mengulang sukses sebelumnya dengan mengirimkan mahasiswa FKG lebih banyak ke Pimnas melalui PKM” tambah drg. Budiono.

drg. Tegar Permadi Dimas memandu sesi diskusi

drg. Tegar Permadi Dimas memandu sesi diskusi

Dr. Risyandi memaparkan kiat sukses penyusunan proposal penelitian sebagai salah satu skim dalam PKM. “Kiat sukses membuat PKM, pertama Anda sebagai mahasiswa harus kaya ide. Cara memperkaya ide dengan banyak membaca diberbagai media baik media tulis, media sosial dan media elektronik” jelasnya. “Selain ide proposal juga harus berkualitas, disusun dengan latar belakan, tujuan dan metode yang jelas” tambahnya.

Persiapan yang baik dari  mahasiswa dalam melahirkan proposal PKM yang bermutu yang nantinya diharapkan juga dapat berkontribusi terhadap lolosnya karya mahasiswa dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional” ungkap drg. Tiarisna selaku koordinator penyusunan PKM FKG.  Drg. Tiarisna didapuk menjadi koordinator karena memiliki segudang prestasi berkaitan dengan PKM antara lain: 4th Indonesia award for young scientist (INAY’S) tahun 2010, menjadi 1st Winner PKM Penelitian tahun 2011, Runner up “Be Entrepreneur” tahun 2011Bronze Medal Table Clinical Dental Prevention SEAADE-GC, Hongkong University tahun 2012, Finalist  8th Dental Scientific Meeting tahun 2013 juga “The most active researcher “ PSMKGI award tahun 2015. “Semua mahasiswa yang mengirimkan proposal harus lolos Pimnas tahun ini, ini kesempatan bagus mencari prestasi demi pribadi dan nama baik kampus” pesan dokter gigi yang akrab dipanggil drg. Ais tersebut. Drg. Ais berharap FKG Unimus mengulang sukses tahun sebelumnya dapat mengirimkan mahasiswa lebih banyak pada kegiatan Pimnas 2018.

Reportase UPT Kehumasan dan Protokoler

Pimpinan Unimus Lantik Pejabat Struktural FKG

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memimpin pembacaan sumpah pejabat baru

Dr. drg. Risyandi, Sp.KGA memimpin pembacaan sumpah pejabat baru

Semarang | (Senin, 02/10/2017) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali melantik pejabat struktural antar waktu untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi periode 2017-2020. Pelantikan dipimpin oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) dengan disaksikan Ketua Badan Pembina Harian (Widadi, SH), para Wakil Rektor dan jajaran pimpinan di lingkungan Unimus.

Rektor Unimus  Prof. Dr. masrukhi, M.Pd menyampaikan sambutannya

Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd memberikan arahan pada pejabat baru

Pejabat Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang dilantik adalah pejabat di tingkat Fakultas dan Program Studi. Pejabat baru FKG yang dilantik antara lain: drg. Retno Kusniati., M.Kes sebagai Wakil Dekan I;  Dr. drg. Risyandi Anwar., Sp.KGA sebagai Wakil Dekan II FKG; drg. Hayyu Failasufa sebagai Ketua Program Studi S1 Kedokteran Gigi; drg. Ayu Kristin Rakhmawati sebagai Ketua Program Profesi Kedokteran Gigi; drg. Bawa Adiwinarno., M.Med.Ed sebagai ketua Medical Education (MEDU) FKG; drg. Tegar Permadi Dimas Prakoso sebagai Ketua Unit Kedokteran Gigi Keluarga Islami.

Pejabat FKG yang baru di lantik berfoto bersama pimpinan Unimus

Pejabat FKG yang baru di lantik berfoto bersama pimpinan Unimus

Rektor melalui sambutannya menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi setiap hari membutuhkan langkah yang semakin kuat dan jelas serta dibutuhkan kesolidan. “Kebersamaan yang solid di setiap unit diperlukan untuk menjadi modal sosial yang penting terutama karena lembaga Unimus sedang dalam pertumbuhan” papar Rektor. “Niatkan kita bekerja di Unimus untuk syiar Islam membela agama Allah melalui profesionalisme sesuai keilmuan masing-masing” pesan Rektor kepada pejabat baru. Ketua BPH dalam sambutannya juga menekankan, bahwa jabatan yang sekarang disandang bukan merupakan sesuatu yang dapat dibanggakan, namun harus menjadi ladang ibadah yang membawa amal kebaikan dan kemajuan Unimus. “Kalimat Toyyibah juga perlu menjadi landasan setiap aktifitas dan perilaku komunitas civitas Unimus agar Unimus akan menjadi hebat” tambah ketua BPH.

Reportase: UPT Kehumasan & Keprotokoleran

Upayakan Indonesia Bebas Karies FKG Unimus Gelar Bakti Sosial di Sekolah

Pimpinan PDGI Kota Semarang dan Dekan FKG Unimus usai penandatanganan MoU

Pimpinan PDGI Kota Semarang dan Dekan FKG Unimus usai penandatanganan MoU

Semarang │(23/09/2017) Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) kesehatan gigi dan mulut di beberapa Sekolah Dasar Kabupaten Demak. Bakti sosial terselenggara bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kotamadia Semarang dan PT Unilever Indonesia. Kegiatan baksos diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam rangka bulan kesehatan gigi nasional 2017. Bakti sosial yang mengambil tema “Senyum sehat kini dan nanti menuju Indonesia bebas karies 2030” tersebut melibatkan 5 dosen  dan 24 mahasiswa FKG Unimus.

Mahasiswa dan dosen terlibat dalam pemeriksaan gigi pada siswa SD

Mahasiswa dan dosen terlibat dalam pemeriksaan gigi pada siswa SD

Diungkapkan oleh Dekan FKG Unimus Drg. Budiono, M.Pd bahwa kegiatan Bakti Sosial akan dilaksanakan selama dua termin pada tanggal 23 September dan 24 Oktober 2017 di dua Sekolah Dasar Kabupaten Demak.  “Kegiatan diikuti oleh 434 siswa SD Daleman dan 388 siswa SD Tambakroto Kecamatan Sayung Kabupaten Demak terdiri dari kegiatan penyuluhan kesehatan gigi mulut dan pemeriksaan gigi. Bakti Sosial bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak SD tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut sejak dini, memberdayakan individu dan masyarakat melalui pengembangan program sekolah sehat binaan PDGI, meningkatkan jumlah guru dan anak yang terlatih menjamin program kesehatan gigi mulut, serta meningkatkan presentase bebas karies gigi molar permanen pada anak dibawah 12 tahun” papar Drg. Budiono.

Dekan FKG (Drg. Budiono, M.Pd) turun langsung melakukan pemeriksaan gigi pada siswa SD

Dekan FKG (Drg. Budiono, M.Pd) turun langsung melakukan pemeriksaan gigi pada siswa SD

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FKG Unimus dengan PDGI Cabang Kota Semarang. Melalui penandatanganan MoU diharapkan terjalin kerjasama yang mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di FKG Unimus. Melalui MoU ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi FKG Unimus dalam mengembangkan program sekolah sehat.

 

 

Reportase UPT Humas dan Protokoler

BEM FKG Menyelenggarakan Pelatihan Basic Life Support Bagi Mahasiswa dan Umum

Semarang | (6/08/2017) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang menyelenggarakan Seminar Kesehatan Untuk Umum (SEMENTUM) dengan tema “Basic Life Support” di Gedung Nursing Research Center Unimus pada hari Minggu, 6 Agustus 2017. Kegiatan ini terdiri menjadi 2 bagian yaitu seminar dan pelatihan dengan narasumber yaitu Ns. Akhmad Mustofa., M. Kep dan Ns Sri Widodo.,S.Kep.M.Sc yang merupakan Instruktur Pelatihan BTCLS (Basic Trauma & Cardiac Life Support) Yayasan AGD 118 Jakarta.

Sambuatan sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor III Drs.H. Samsudi Rahardjo, MM,MT

Sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor III Drs.H. Samsudi Rahardjo, MM,MT

Kegiatandibuka oleh Wakil Rektor III Drs. H. Samsudi Rahardjo, MM.MT, beliau sangat mendukung Seminar dan Pelatihan ini, “Sudah saatnya edukasi dan pelatihan BLS tentang kemampuan dasar yang benar saat menyelamatkan orang dari kegawatdaruratan ini diketahui khalayak umum agar bisa memberi pertolongan pertama sebelum memanggil paramedis atau dibawa ke rumah sakit”. Kegiatan juga dihadiri oleh Perwakilan Dekan FKG, Presiden Mahasiswa, dan delegasi SEMA, BEM, dan HMJ.

Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Pada kegiatan pelatihan, instruktur menjelaskan tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) yang bertujuan untuk bereaksi secara cepat dan benar untuk sesegera mungkin mengembalikan denyut jantung ke kondisi normal untuk mencegah terjadinya kematian otak dan kematian permanen pada korban yang mengalami kondisi kegawatdaruratan. Selain itu materi selanjutnya adalah penanganan pada korban kecelakaaan yang mengalami luka baik pendarahan maupun patah tulang, serta langkah-langkah pertolongan yang bisa dilakukan sembari menunggu datangnya ambulans.

Pelatihan Penanganan Korban Kecelakaan

Pelatihan Penanganan Korban Kecelakaan

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan bisa menjadi pribadi yang tanggap dalam mengatasi keadaan kegawatdaruratan dan dapat membantu korban yang membutuhkan pertolongan.

Reportasi UPT TIK

Mahasiswa FKG Unimus Ikuti International Student Mobility Ke University of Malaya

Semarang │(25/07/2017) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) terlibat dalam kegiatan internasional dengan mengikuti International Student Mobility ke College of Denstistry University of Malaya, Kuala Lumpur Malaysia. Keberangkatan mahasiswa dilepas oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi., M.Pd), Wakil Dekan II FKG (drg. Budiono) dan Kepala International Relationship Officer (IRO) Unimus (M. Yusuf., PhD).

fkg unimus

International Student Mobility di University of Malaya berlangsung dari tanggal 26-30 Juli 2017 diikuti oleh 11 mahasiswa FKG semester 8 yaitu RA Wiranti Widya Arianti, Kurnia Adhi Wikanto, Gita Jazaul Aufa, Danil Ahsan Murdiputra, Tri Utari Sari Dewi, Syabilla Audina, Hesti Widyawati, Nida Khairunnisa, Khaleda Shafiratunnisa, Prisca Anindia Setyowati dan Nahdila Adibah Hariyono. Dasar kegiatan intenational student mobility adalah adanya MoU dengan University of Malaya, implementasi kegiatan internasional dan kebutuhan pembelajaran blok 24 di Program Studi Kedokteran gigi FKG.

fkg unimus

Dijelaskan oleh Wakil Dekan II FKG kegiatan ini merupakan bagian pembelajaran program elektif blok ke 24 dan mendukung misi FKG dalam hal intenasionalisasi. “Kegiatan ini sebagai penurunan visi FKG sebagai kedokteran keluarga yang unggul dengan mengoptimalkan preventif. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa selain dapat mengikuti clinical class tentang  teknologi oral surgery juga dapat belajar tentang upaya-upaya preventif permasalahan gigi di Malaysia” papar Drg. Budiono. “Diharapkan mahasiswa yang terlibat dalam student mobility juga dapat memberikan masukan tentang sistem pembelajaran atau kurikulum yang ada di University of Malaya yang mungkin dapat di adopsi oleh FKG agar kualitas kurikulum dan pembelajaran semakin baik” tambahnya. Wakil Dekan II FKG  juga berharap kegiatan ini merupakan ajang bagi FKG Unimus untuk mulai mensyiarkan diri di kancah pendidikan dokter gigi di dalam dan luar negeri.  Sementara itu drg. Syarifah Nova Amiza Zam., Ph.D dosen FKG Unimus lulusan Kyushu University, Fukuoka Jepang yang hadir dalam acara tersebut juga menambahkan bahwa adanya student mobility diharapkan dapat menstimulasi ketertarikan mahasiswa tentang oral surgery, belajar lebih lanjut dan menularkan ketertarikan dan ilmu yang diperolehnya pada teman-teman lain.

fkg unimus

Pada kesempatan itu Rektor  berpesan kepada mahasiswa untuk membekali diri dengan ilmu ketika mengikuti kegiatan di University of Malaya, mengikuti kegiatan dengan baik dan kembali dengan membawa ilmu agar dapat berbagi pengalaman dengan teman sejawat.   “Mahasiswa FKG Unimus perlu belajar tukar pengalaman dengan teman dari luar negara dan dengan teman di Indonesia tentang seputar keilmuan kedokteran gigi yang mendukung pengembangan dokter gigi yang profesional” tambah Rektor. “Untuk menghasilkan dokter gigi profesional yang handal dan Islami Unimus memperhatikan betul FKG, mensupport betul penyelesaian Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unimus agar akhir September 2017 bisa di selesaikan. Penyediaan dental unit yang baik juga semakin dilengkapi sehingga pembelajaran di FKG bisa berjalan optimal” tambah Rektor.

 

Reportase UPT Kehumasan & Protokoler

Kegiatan Rapat Kerja Tahunan Fakultas Kedokteran Gigi Unimus

Semarang | (16/07/2017) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan Rapat Kerja Tahunan di Hotel Nugraha Wisata Kab. Semarang pada tanggal 15-16 Juli 2017 . Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan ditahun sebelumnya, serta pembuatan materi garis besar rencana program untuk tahun 2017/2018. Pada kegiatan ini dihadiri oleh seluruh tanaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Unimus dan dibuka oleh Wakil Dekan I (drg. Bawa Adi Winarno, M.MedEdu).

Kegiatan Rakerta FKG Unimus

Kegiatan Rakerta FKG Unimus

Kegiatan Rakerta ini mempunyai rangkaian acara yang membahas evaluasi dan arahan penyusunan program kerja, hasil evaluasi harus dijadikan baseline untuk menyusun program kerja tahun mendatang. Semua program kerja harus dapat terukur secara jelas targetnya, sehingga dapat mudah mengevaluasi ketercapaiannya. Disamping itu pembahasan Sarana dan prasarana terus secara bertahap ditingkatkan, Program pembangunan fisik yang sudah dimulai yaitu Laboratorium kesehatan dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP). Rakerta bisa digunakan untuk persiapan rencana persiapan Akreditasi Fakultas dan penguatan sumberdaya manusia (SDM), serta kualitas pendidikan dan pembelajaran, serta membahas peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Outbond Training

Kegiatan Outbond Training

Selain pada kegiatan ini juga terdapat agenda Outbound Training dimana ragam manfaat tersebut bermuara pada tercapainya pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) yang dapat dirasakan oleh para peserta. Outbond ini merupakan sarana yang digunakan dalam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi setiap individu dan kelompok dan terbentuk sifat dan sikap mental sumberdaya manusia.

Foto Bersama Tenaga Pendidik dan Kependidikan FKG Unimus

Foto Bersama Tenaga Pendidik dan Kependidikan FKG Unimus

Reportase UPT TIK

Fakultas Kedokteran Gigi Unimus selenggarakan D’SEMAR yang Kedua

Semarang | (17/07/2017) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan 2nd Dental Science Exibition Meeting and Research (D’SEMAR) dengan tema “Aesthetic Dentistry and Treatment of Oral Infection Through Surgery and Non-Surgery Procedure” pada hari Jum’at (14 Juli 2017) dan Sabtu (15 Juli 2017) di Hotel Aston Semarang. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan FKG Unimus dalam upaya pengembangan teknologi di dunia kedokteran gigi. Kegiatan ini dihadiri mahasiswa kedokteran gigi, dokter gigi umum, dokter gigi spesialis, civitas akademi kedokteran gigi, dan dekan Fakultas Kedokteran Gigi dari universitas-universitas se-Indonesia.

fkg-unimus-dsemar-2

Pelaksanaan D’SEMAR dibuka oleh Wakil Rektor Bidang 2 (Dr. Ns. Sri Rejeki, M.Kep. Sp.Mat) didampingi oleh Dekan FKG (Prof. Dr. drg. Sudibyo, SU, Sp. Perio.(K)). Acara ini juga dihadiri oleh Ketua PDGI Jawa Tengah, Ketua PDGI Kota Semarang, dan Perwakilan dari RSUD Jawa Tengah. Kegiatan ini terdiri dari 10 Seminar Utama yaitu :

  1. Seminar I “Continue endodontic restoration” oleh Drg. Anna
    Muryani, Sp.KG
  2. Seminar II “Direct veneer composite” oleh Drg. Widyawati,
    M.Kes., Sp.KG
  3. Seminar III “Infection prevention and control in dental setting
    oleh Drg. Iwan Dewanto, MMR
  4. Seminar IV “Management of Dental Extraction for Compromise
    Patient” oleh drg. Indria Nehriasari, M.Kes, Sp.BM
  5. Seminar V “Management of gingival problem in complicated case
    oleh drg. Ade Ismail, MDSc., Sp.Perio
  6. Seminar VI “Transmission of infectious disease in the dental
    setting” oleh Drg. Supriatno, M.Kes., MDSc., Ph.D
  7. Seminar VII “Orthodontic Management of Simple Malocclusion
    Case” oleh Dr. Drg. Tita Ratya Utari, Sp.Ort
  8. Seminar VIII “Key Success in Designing and Treatment Planning in
    Partial Edentulous Patient” oleh Drg. Tri Ardi Mahendra, Sp.Pros
  9. Seminar IX “Management of early childhood caries” oleh Prof.
    Drg. Seno Pradopo, SU. Ph.D., Sp.KGA
  10. Seminar X “Nitrous Oxide for Pediatric Dental Patients” oleh Drg.
    Niekla Survia Andiesta, Sp.KGA

Kegiatan Hands On

Selain itu juga terdapat 4 Hands on yaitu :

  1. Hands On I “Endodontic one visit” oleh Drg. Anna Muryani, Sp.KG
  2. Hands On II “Direct labial veneering” oleh Drg. Widyawati,
    M.Kes., Sp.KG
  3. Hands On III “Restoration for early childhood caries” oleh Prof.
    Drg. Seno Pradopo, SU. Ph.D., Sp.KGA
  4. Hands On IV “The new approach to a simple gingivoplasty” oleh
    Drg. Ade Ismail, MDSc., Sp.Perio

fkg-unimus-dsemar-4

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keilmuan di bidang kedokteran gigi baik bagi praktisi maupun akademisi.

Reportase UPT TIK

Mahasiswa FKG Gelar Pengabmas Pelatihan Dokter Kecil di Sekolah

Mahasiswa EKG memberikan penyuluhan kesehatan gigi pada siswaSemarang (17/05/2017) Mahasiswa mahasiswa Fakultasa Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) dengan memberikan pelatihan pada dokter kecil pada siswa-siswi SD Labschool Unnes. Pelatihan tersebut diselenggarakan di kampus SD Labschool Unnes Semarang pada hari Rabu 17 Mei 2017.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Siswa nampak sangat senang, karena selama proses pelatihan mereka diajak untuk menonton video tentang kesehatan gigi serta diberikan hadiah. “Aku gembira bisa lihat film dan dapat kado yang besar,” tutur Aila, siswi kelas 3 SD Labschool Unnes.
Acara yang digelar merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah terjalin antara Labschool Unnes dengan Unimus, demikian diungkapkan oleh Prigel, ketua panitia acara tersebut,. Ia menjelaskan, kerjasama yang sudah digelar antara lain rekam medis tahunan kesehatan gigi siswa-siswi Labschool Unnes, pembentukan dokter gigi kecil, parenting, dan bakti sosial kepada warga sekitar. “Tak lupa juga penanaman tanaman obat herbal untuk kesehatan gigi masyarakat,” jelasnya. Mahasiswa Kedokteran Gigi Unimus itu menuturkan, pelatihan dokter gigi kecil yang digelar merupakan bentuk implementasi secara langsung ke masyarakat. “Pembelajaran Unit Kegiatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan upaya promotif dan preventif terhadap peningkatan kesehatan gigi dan mulut untuk siswa usia sekolah dasar,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FKG tersebut merupakan wujud partisipasi mahasiswa dalam mengaplikasikan Caturdarma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dokter kecil tersebut juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh di bangku perkuliahan.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

FKG Unimus Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan dan Konseling Gigi Gratis

Dosen FKG memberikan konseling kesehatan gigi pada masyarakatSemarang │(14/05/2017) Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) bekerja sama dengan Paguyuban Senam Kecamatan Tembalang. Kegiatan baksos diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan bekerjasama dengan Fakulas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (program Studi Keperawatan dan Analis Kesehatan)

Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan gratis antara lain pemeriksaan gigi dan konseling kesehatan gigi. Kegiatan berlangsung ramai dari jam 08.00 sampai jam 12.00 di Perumahan Wanamukti Semarang. Kegiatan dihadiri oleh masyarakat di wilayah kota Semarang dan sekitarnya dengan jumlah pengunjung 150 orang. Dalam wawancara yang dilakukan pada masyarakat didapatkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan karena masyarakat dapat mengetahui status kesehatannya, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Pengumuman Hasil MCQ Blok 7, 13, dan 19 TA 2016

Bagi mahasiswa FKG Unimus hasil ujian MCQ bisa dilihat di elearningnya masing-masing.

Blok 1 : http://ifkg.unimus.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=17#p17

Blok 7 : http://ifkg.unimus.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=18

Blok 13 : http://ifkg.unimus.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=19

Blok 19 : http://ifkg.unimus.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=20

Makasih